Dasar MySQL 1


Halo sobat paw, tutorial kali ini akan menjelaskan tentang pengertian database dan mysql. 
mari kita simak aja tutorialnya...

Pengertian Database
Database atau memiliki istilah lain basis data merupakan suatu kumpulan data yang saling berhubungan dan berkaitan dengan subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Hubungan antar data ini dapat diliat oleh adanya field ataupun kolom. Nah, database pasti berhubugan dengan data dan informasi. Anda juga pasti tidak asing lagi dengan istilah ini.
Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Sedangkan informasi merupakan suatu data yang telah diolah dan disusun sedemikian rupa sehingga akan memiliki nilai, dan tentunya harus memberikan manfaat bagi seseorang yang menggunakannnya.
Informasi dihasilkan dari data. Jika dilakukan siklus penggambaran , dapat dilihat pada gambar berikut
Intinya, database dalam dunia programming difungsikan untuk menyimpan seluruh data/informasi yang dihasilkan dari proses interaksi didalam aplikasi, baik itu desktop ataupun internet programming. Dan biasanya pembangunan database akan dilakukan terlebih dahulu sebelum membangun aplikasi.

Apa itu MySQL
Database atau memiliki istilah lain basis data merupakan suatu kumpulan data yang saling berhubungan dan berkaitan dengan subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Hubungan antar data ini dapat diliat oleh adanya field ataupun kolom. Nah, database pasti berhubungan dengan data dan informasi. Anda juga pasti tidak asing lagi dengan istilah ini.
MySQL merupakan suatu database yang mantabbs…. Cepat… canggih…. Mutakhir. MySQL dapat juga dikatakan sebagai database yang sangat cocok bila dipadukan dengan PHP, ibarat seperti lem dan perangko…. Sangat susah sekali dipisahkan.
Secara umum, database  berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan, mengklasifikasikan data secara professional. MySQL bekerja menggunakan SQL Language (Structure Query Language). Itu dapat diartikan bahwa MySQL merupakan standar penggunaan database didunia untuk pengolahan data. Pada umumnya, perintah yang paling sering digunakan dalam MySQL adalah SELECT (mengambil), INSERT (menambah), UPDATE (mengubah), dan DELETE (menghapus). Selain itu, SQL juga menyediakan perintah untuk membuat database, field, ataupun index untuk menambah atau menghapus data.

Mengapa  MySQL
Mungkin banyak dari anda yang bertanya, mengapa MySQL ?... Database kan banyak ?... Memang banyak, namun ada alasan yang mengacu kepada penulis (sebagai pembuat program) bahwa MySQL Merupakan Data base yang mampu berjalan disemua system operasi, power full. Selain itu, sangat mudah sekali untuk  dipelajari, dan sepertinya hosting server juga banyak sekali mengadopsi MySQL sebagai standar database. Dan tentunya nih satu alasannya, yaitu bersifat FREE alias gratis… inilah yang paling didambakan oleh orang Indonesia… benarkan ?
Namun saat ini MySQL juga tidak hanya gratis, semenjak MySQL dibeli oleh SUN , maka kita tidak lagi menikmati fitur-fitur barunya, karena telah dibatasi penggunaanya. Fitur-fitur tersebut hanya bia didapat jika kita membeli lisensinya.
Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh si MySQL tersebut :
 a. Bersifat open source, yang memiliki kemampuan untuk dapat dikembangkan lagi .
 b. Menggunakan bahasa SQL ( Structure Query Language ), yang merupakan standar bahasa dunia dalam  pengolahan data.
 c. Memiliki hubungan support (group) penggunaan MySQL 
 d. Mampu lintas platform, dapat berjalan diberbagai system operasi
 e. Multiuser, dimana MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tnpa mengalami konflik.

DDL (Data Definition Language)
MySQL bekerja dengan menggunakan bahasa basis data atau bahasa yang lebih kerennya, yaitu DBMS, yang merupakan kependekan dari database management  system. Nah, data language ini terbagi dua yaitu DDL dan DML.
DDL (Data Definition Language), merupakan suatu perintah yang digunakan untuk menciptakan setruktur data, atau untuk membangun database. DDL mempunyai tugas untuk membuat objek SQL dan menyimpan definisinya dalam table. Contoh dari objek tersebut, yaitu table,view,dan index.
Intinya, DDL ini mempunyai fungsi untuk melakukan perubahan struktur table, seperti membuat table, mengubah nama table dan sebagainya.
Berikut perintah-perintah yang masuk dalam golongan DDL.
 a. Create
    Digunakan untuk membuat database, table, dan objek lain dalam database.
 b. Alter
    Digunakan untuk memodifikasi table, seperti mengubah nama table, field,menambah field
 c. Drop
    Digunakan untuk menghapus database, table dan objek lain dalam database

DML (Data Manipulation Language)
Berbeda dengan DDL yang cenderung mengarh pada struktur table. DML atau yang memiliki kepanjangan dari data manipulation language merupakan basis data yang digunaan data untuk melakukan modifikasi dan pengambilan data pada suatu database (intinya sih untuk pengolahan data).
Pengolahan/modifikasi ini meliputi :
 a. Insert
    Digunakan untuk melakukan penambahan data.
 b. Select
    Digunakan untuk melakukan pengambilan data
 c. Update
    Digunakan untuk melakukan perubahan data
 d. Delete
    Digunakan untuk melakukan penghapusan data.
Previous
Next Post »